Jenis Kimono Jepang yang Menjadi Trend Dunia

Kimono (着物) adalah pakaian tradisional Jepang.  Nah, arti harifiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang). Ya, baju ini sering dipakai penduduk Jepang, baik orang dewasa maupun anak-anak lho. Di zaman sekarang, kimono berbentuk seperti huruf “T”, yang mirip dengan mantel berlengan panjang dan berkerah. Panjang kimono juga dibuat hingga ke pergelangan kaki. Nah, untuk wanita mengenakan kimono yang berbentuk baju terusan, sementara pria mengenakan kimono berbentuk setelan. Kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Sedangkan, sabuk kain yang disebut obi dililitkan di bagian perut atau pinggang, dan diikat di bagian punggung. Untuk alas kaki sewaktu mengenakan kimono dinamakan zōri atau geta.Wah keren kan. 
 
Dalam memilih jenis kimono, gak bisa sembarangan lho. Ya, perlu pengetahuan yang tepat mengenai simbolisme dan isyarat terselubung yang dikandung masing-masing jenis kimono. Karena tingkat formalitas kimono wanita ditentukan oleh pola tenunan dan warna, mulai dari kimono paling formal hingga kimono santai. Bahkkan, berdasarkan jenis kimono yang dipakai, kimono bisa menunjukkan umur pemakai, status perkawinan, dan juga tingkat formalitas dari acara yang dihadiri. Nah, selain wanita dan pria dewasa, faktanya, kimono juga bisa dipakai oleh anak-anak lho. Bahkan, sampai saat ini, trend fashion kimono Jepang sudah mendunia. Wah keren banget kan. Yuk intip 7 jenis kimono Jepang, berikut ini:

1. Kimono Yukata

Kamu tau gak sih? Kalau Kimono Yukata ini sangat sejuk saat dikenakan lho. Ya, karena bahannya terbuat dari katun tipis umumnya terbuat dari bahan katun tipis yang nyaman. Nah, fungsi Kimono Yukata ini memang dipakai saat musim panas.
Trend Fashion Jepang: Yuk Intip 7 Jenis Kimono Jepang - Kimono Yukata
Sumber: galleryhip.com

2. Kimono Furisode

Kimono ini terbuat dari bahan sutra berkualitas tinggi yang memiliki tampilan warna mencolok dan bagian lengan berbentuk panjang. Nah, biasanya dikenakan untuk seorang anak perempuan yang telah menginjak umur 20 tahun. Fungsi Kimono Furisode ini untuk melambangkan kedewasaan. Wah, keren kan.
Trend Fashion Jepang: Yuk Intip 7 Jen is Kimono Jepang - Furisode
Sumber: kimononagoya.tumblr.com

4. Kimono Tomosode

kalau kimono Tomosode ini diperuntukkan bagi seorang wanita yang telah menikah. Nah, biasanya digunakan untuk menghadiri upacara pernikahan dari kerabat dekat seperti keluarga kandung. Hehehe.
Trend Fashion Jepang: Yuk Intip 7 Jenis Kimono Jepang - Kimono Tomosode
Sumber: www.pinterest.com

3. Kimono Houmongi

Kalau Kimono Houmongi ini juga diperuntukkan bagi seorang wanita yang telah menikah lho. Tetapi, kimono ini biasanya digunakan untuk menghadiri upacara minum teh maupun upacara pernikahan dari kerabat jauh.
Trend Fashion Jepang: Yuk Intip 7 Jenis Kimono Jepang - Kimono Houmongi
Sumber: isshin.com.vn

5. Kimono Mofuku

Kimono Mofuku ini diperuntukkan untuk menghadiri upacara pemakaman, dan jadi memiliki warna khas hitam. Ya karena warna hitam melambangkan sebuah rasa duka yang mendalam.
Trend Fashion Jepang: Yuk Intip 7 Jenis Kimono Jepang - Kimono Mofuku
Sumber: wa-goth.tumblr.com

6. Kimono Kuro Montsuki

Kimono ini adalah kimono yang didesain khusus untuk laki-laki sehingga gak ada pita besar yang diikatkan di bagian belakangnya. Nah, biasanya kimono jenis ini hanya memiliki warna-warna yang gelap seperti hitam, coklat dan abu-abu.
Trend Fashion Jepang: Yuk Intip 7 Jenis Kimono Jepang - Kimono Kuro Montsuki
Sumber: www.pinterest.com

7. Kimono Uchikake

dari semua jenis kimono, jenis Kimono Uchikake inilah yang paling mewah. Ya, karena kimono ini diperuntukkan sebagai pakaian resmi seorang wanita pada saat mereka menikah, dan kalau soal harga, ya pastinya kimono jenis inilah yang memiliki harga paling mahal dibandingkan dengan kimono yang lainnya.
Trend Fashion Jepang: Yuk Intip 7 Jenis Kimono Jepang - Kimono Uchikake
Sumber: google.com

0 Response to "Jenis Kimono Jepang yang Menjadi Trend Dunia"

Post a Comment