6 Bahan Makanan yang Bisa Dijadikan Lulur Kecantikan

Lulur memang salah satu perawatan tubuh yang penting dilakukan untuk mengangkat sel – sel kulit mati agar kembali bersih. Lulur sendiri juga memiliki beragam bahan yang digunakan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Tapi, tentu lulur dengan bahan alami adalah yang paling baik untuk perawatan tubuh kamu. 

Karena kandungan dalam bahan alami memang lebih aman dan minim efek samping. Tentu kamu ga mau dong yang tadinya ingin merawat tubuh untuk mendapatkan hasil yang maksimal tapi, ternyata malah menghasilkan efek samping yang justru membuat kulit jadi iritasi atau efek lain yang tidak kita inginkan. Nah, untuk mengatasi hal itu akan ungkap beberapa lulur alami yang terbuat dari bahan makanan. Yuk ditengok satu per satu.

Lulur Susu

lulur yang terbuat dari bahan makanan
Sumber foto: Cure-naturali.it
Mau punya kulit putih berseri? Kandungan zat asam beta hydroxy alami, memiliki khasiat untuk mempertahankan kulit agar tetap putih berseri, menghaluskan serta meremajakan kulit. Selain mengangkat sel kulit mati lewat peeling, campuran susu dalam lulur ini juga dapat menghaluskan dan menjaga agar kulit tidak bersisik serta membuat kulit terasa lebih kenyal. Di samping itu, lulur susu kaya akan kandungan protein yang berguna sebagai suplai nutrisi yang berfungsi melembabkan sekaligus melapisi kulit.

Lulur Kopi

lulur yang terbuat dari bahan makanan
Sumber foto: Kfetele.ro
Bubuk kopi yang digosok – gosokkan akan mengeluarkan minyak untuk menghaluskan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah. Biasanya bahan yang digunakan untuk lulur kopi ini adalah kopi Bali asli, beras merah, ketan hitam, dan beras putih. Lulur kopi ini akan merelaksasikan kulit tubuh kamu dengan menghilangkan rasa lelah pada kulit, memperbaiki sirkulasi oksigen dan peredaran darah. Antioksidan dalam kandungan kopi dapat membantu mencegah penuaan dini dan mempercepat pengelupasan sel – sel kulit mati. Bagi yang harus berhadapan dengan selulit, kamu juga bisa coba atasi dengan lulur kopi ini lho!

Lulur Cokelat

lulur yang terbuat dari bahan makanan
Sumber foto: vshokolade.biz
Ternyata cokelat memiliki kandungan lemak atau cocoa butter yang berkhasiat untuk melembutkan serta menghaluskan kulit. Selain itu, lulur cokelat bisa mengharumkan tubuh kamu dan menutrisi kulit. Kandungan katekin dalam cokelat memiliki manfaat yang besar untuk kulit kamu salah satunya adalah sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini, sehingga kulit terlihat lebih awet muda dan melembabkan kulit, cocok buat kamu yang sering berada di dalam ruangan ber-AC.

Lulur Ketan Hitam

lulur yang terbuat dari bahan makanan
Sumber foto: ratu-agung.blogspot.com
Lulur yang satu ini memang agak sedikit berbeda, karena bahan utama yang digunakan yakni ketan hitam pekat yang dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit lebih halus dan lembut. Lulur ketan hitam ini biasanya digunakan oleh para wanita di Kalimantan pada prosesi perawatan pra nikah. Ketan hitam ternyata juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit lho! Salah satunya adalah sebagai pelembab dan mendinginkan kulit.

Lulur Strawberry

lulur yang terbuat dari bahan makanan
Sumber foto: Brit.co
Pasti kamu tau dong buah strawberry kaya akan manfaat saat disantap? Begitu juga bila dijadikan sebagai lulur, manfaatnya ga kalah banyak lho! Ekstrak strawberry memiliki kandungan asam salisat, silika, serta vitamin B, C, E, dan K sebagai bahan eksfoliasi agar kulit tetap lembut, lembab, serta kencang. Lulur strawberry ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah lho! Kamu hanya perlu menumbuk beberapa buah strawberry yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya. Agar efek yang didapat lebih terasa, kamu bisa tambahkan dengan susu segar secukupnya untuk menambah kekenyalan kulit.

Lulur Pepaya

lulur yang terbuat dari bahan makanan
Sumber foto: Loxabeauty.com
Buah pepaya dikenal memiliki kandungan enzim yang tinggi serta kaya akan vitamin antara lain vitamin A, E, F, dan H yang dapat menghaluskan, menutrisi dan mempertahankan elastisitas kulit. Gimana cara pembuatannya? Kamu cuma perlu mengoleskan campuran 100 ml buah pepaya yang sudah dihancurkan dengan 20 butir kemiri yang sudah ditumbuk. Lalu, kamu tinggal gosokkan merata ke seluruh tubuh hingga kandungan enzim dapat berfungsi sebagai scrub.

0 Response to "6 Bahan Makanan yang Bisa Dijadikan Lulur Kecantikan"

Post a Comment