6 Tips Aman agar Terhindar dari Pencurian Motor

Kasus pencurian kendaraan bermotor semakin marak terjadi. Bahkan kini para pelaku curanmor tidak segan lagi untuk melancarkan aksinya di tengah keramaian dan modus pencurian yang digunakan pun semakin tidak terduga. Kebanyakan pencuri umumnya sering mengincar motor yang sedang terparkir. Oleh karena itu, anda juga harus meningkatkan kewaspadaan dan keamanan agar motor kamu tidak menjadi sasaran para pencuri. Berikut ada 6 tips aman agar kamu terhindari dari pencurian motor yang berhasil dirangkum.

1. Jangan gunakan tempat parkir liar

Hal paling utama yang harus kamu perhatikan saat memarkir motor adalah pilih tempat parkir yang resmi dan aman, jangan gunakan tempat parkir liar seperti di pinggir jalan. Tempat parkir yang resmi cenderung memiliki tingkat keamanan dan pengawasan yang lebih tinggi. Parkiran resmi biasanya juga dilengkapi dengan kamera CCTV untuk mengawasi gerakan setiap orang yang masuk ke tempat parkit tersebut. Terdapat pula petugas yang selalu memeriksa STNK saat motor akan meninggalkan tempat parkir. Hal ini tentunya dapat menghindari motor kamu sampai ke tangan para pencuri, karena tanpa menunjukkan STNK, tentunya ia tidak akan bisa keluar dari area tempat parkir dengan membawa sepeda motor kamu.
tips agar terhindar dari tindak pencurian motor - gunakan tempat parkir resmi dan aman

2. Hindari meninggalkan barang berharga di motor

Jika tidak bisa membawa motor kamu, pencuri tentunya akan berusaha untuk mengambil barang-barang berharga yang ada di motor kamu. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak meninggalkan barang berharga di motor meskipun disimpan di bagian yang terkunci seperti di bawah jok motor atau di box bagasi. Karena walaupun terkunci, si pencuri akan berusaha untuk membukanya secara paksa. Jika terpaksa membawa barang berharga saat bepergian, sebaiknya kamu selalu membawanya kemanapun kamu pergi dan tidak meninggalkannya di motor.

3. Lengkapi motor dengan pengamanan lebih

Tempat parkir yang resmi dan aman juga belum tentu menjadi jaminan motor kamu tidak akan dicuri. Oleh karena itu, anda juga harus memberi pengamanan lebih pada motor. Kamu bisa melengkapi motor kamu dengan kunci-kunci tambahan seperti memasang kunci pada roda motor dan memasang gembok cakram pada bagian disk brake motor kamu. Penggunaan gembok cakram ini pastinya akan menyulitkan para pelaku pencurian motor untuk membawa motor kamu.
tips agar terhindar dari tindak pencurian motor - lengkapi motor dengan kunci pengaman lebih

4. Lengkapi motor dengan alarm

Tidak hanya kunci pengaman ganda, melengkapi motor kamu dengan alarm juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari pencurian motor. Saat ada orang yang berusaha untuk membobol motor kamu, alarm akan berbunyi secara otomatis yang pastinya membuat si pencuri merasa panik dan tidak berani untuk melanjutkan aksinya.

5. Tidak perlu melengkapi motor dengan aksesoris yang menarik mata

Melengkapi motor dengan aksesoris-aksesoris yang terlalu berlebihan dan mencolok apalagi mahal, juga bisa menarik mata para pencuri untuk menyasar motor kamu. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan sepeda motor, sebaiknya hindari penggunaan aksesoris berlebih pada motor kamu. Cukup gunakan aksesoris yang benar-benar kamu perlukan, bukan aksesoris yang hanya sekedar menjadi hiasan saja.
tips agar terhindar dari tindak pencurian motor - jangan gunakan aksesoris berlebih pada motor

6. Periksa kembali sebelum meninggalkan motor

Jangan jadi orang yang pelupa, selalulah periksa motor kamu sebelum menitipkannya di tempat parkir. Periksalah apakah kunci motor sudah tercabut, apakah masih ada barang berharga yang tertinggal di motor dan apakah kamu sudah melengkapi motor dengan pengamanan lebih atau belum. Melakukan pengecekan kembali sebelum meninggalkan motor, bisa menurunkan resiko motor kamu menjadi sasaran tindak pembobolan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Teruslah waspada terhadap tindak pencurian yang bisa terjadi pada kamu yah. Semoga keenam tips diatas bisa membantu kamu untuk terhindar dari pencurian motor. Jangan lupa share tips ini ke keluarga dan teman-teman kamu juga yah! :D

Sumber foto: www.baggersmag.com, www.reddit.com, www.sipptracker.com, www.flickr.com

0 Response to "6 Tips Aman agar Terhindar dari Pencurian Motor"

Post a Comment