Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan saat Memilih Smartphone

Smartphone memang sudah menjadi salah satu benda penting yang hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Beberapa jam saja tanpa memegang ponsel, pasti kamu merasa seperti ada yang kurang. Yup, masyarakat modern masa kini memang sulit dipisahkan dari benda canggih yang satu ini. Pasalnya, selain dijadikan sebagai alat komunikasi, kini smartphone juga memiliki banyak fungsi lainnya, seperti mengakses internet, media sosial, untuk memfoto, bahkan untuk menghasilkan uang.

Tingginya permintaan masyarakat terhadap alat komunikasi yang satu ini tentunya juga mendorong para produsen handphone dunia untuk terus menciptakan smartphone-smartphone terbaru yang lebih canggih. Dengan begitu, kita pun memiliki lebih banyak pilihan dan lebih bebas untuk memilih ponsel pintar yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Namun sebelum membeli smartphone, tentunya ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan pada satu smartphone.

Sayangnya tidak sedikit dari kita yang justru melakukan kesalahan-kesalahan saat memilih smartphone yang tidak jarang membuat kita menyesal. Berikut 6 kesalahan yang paling sering dilakukan saat memilih smartphone.

1. Tampilan body-nya keren, beli ah mumpung diskon!

“Wahh body HP-nya keren, gue banget nih, beli ahh mumpung diskon”. Pernahkah melakukan hal tersebut, membeli smartphone hanya karena terlena dengan penampilannya, tanpa memperhatikan spesifikasinya? Jika pernah melakukannya, pastikan kamu tidak akan pernah mengulanginya kembali jika tidak ingin menyesal untuk kedua kalinya.
Pastinya tujuan utama kamu membeli ponsel adalah untuk menikmati dan memanfaatkan fitur-fiturnya untuk menunjang aktivitas kamu bukan? Nah karena tujuan utama membeli handphone adalah untuk menikmatinya spesifikasinya, bukan hanya untuk memamerkan tampilannya, jangan pernah membeli HP hanya melihat dari tampilannya saja. Perhatikan pula apakah spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan kamu.
kesalahan yang paling sering dilakukan saat memilih smartphone - hanya memperhatikan tampilan smartphone
Sumber: www.uptotech.de

2. Ikut-ikutan tren

Mungkin sering membeli smartphone tertentu hanya karena terpengaruh dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat. Yup, gonta-ganti handphone memang sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern. Namun jika tidak mau menyesal karena gaya hidup hedonis ini, berhentilah untuk mengikuti tren tersebut. Tidak akan pernah ada habisnya jika kamu terus-terusan mengikuti tren karena trend ini akan dengan mudah berganti secara cepat dan kemudian akan muncul tren-tren baru lainnya. Pilihlah smartphone sesuai dengan kebutuhan kamu, bukan hanya karena ingin mengikuti tren semata.

3. Asal murah, beli aja!

Saat melihat ada yang menjual smartphone dengan harga yang jauh dari harga pasaran, pasti semua orang tertarik untuk membelinya. Tapi kamu harus berhati-hati, karena ponsel pintar yang dijual dengan harga rendah dari harga yang seharusnya bisa saja merupakan produk KW atau produk BM (black market) yang tidak memiliki garansi yang jelas. Sebaiknya kamu membeli smartphone dari dealer resmi. Walaupun harganya memang lebih mahal, tapi setidaknya keaslian smartphone dari dealer resmi lebih terjamin dan garansinya juga jelas.
kesalahan yang paling sering dilakukan saat memilih smartphone - membeli handphone yang harganya jauh di bawah harga pasar
Sumber: article.wn.com

4. Tidak memperhatikan garansi

Sama halnya dengan alat elektronik lainnya, handphone juga rentan mengalami kerusakan, bahkan kerusakan yang berasal dari pabrik pembuatan. Baru beli handphone 1 minggu tapi sudah rusak dan harus menguras dompet kembali untuk memperbaikinya, pasti tidak ingin kan mengalami hal tersebut? Untuk itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan garansi yang diberikan oleh pihak yang menjual ponsel pintar tersebut. Baca lah syarat dan ketentuan garansi, berapa lama garansi berlaku, apa saja yang ditanggung oleh garansi tersebut dan sebagainya. Dengan adanya garansi, tentunya tidak perlu kembali menguras dompet untuk memperbaikinya.

5. Mengabaikan ketersediaan suku cadang

Ketersediaan suku cadang smartphone yang akan kamu beli juga harus menjadi salah satu pertimbangan. Karena jika suku cadangnya langka, tentunya kamu akan kesulitan untuk memcarinya saat ponsel tersebut mengalami kerusakan. Jika pun ada, kamu harus menguras dompet karena barang yang langka pastinya akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membeli handphone yang suku cadangnya mudah dicari, agar jika rusak, kamu bisa dengan mudah menemukan suku cadang untuk memperbaikinya.
kesalahan yang paling sering dilakukan saat memilih smartphone - tidak memperhatikan ketersediaan suku cadang
Sumber: www.dokphone.fr

6. Yang penting merk terkenal dan mahal, spesifikasi belakangan

Saat ini smartphone tidak lagi menjadi alat penunjang komunikasi dan aktivitas seseorang, namun juga sudah dijadikan sebagai benda yang melambangkan status sosial seseorang. Yup, semakin mahal handphone yang digunakan, semakin terkenal merek handphone yang digunakan, maka akan semakin tinggi pula status sosial orang tersebut di mata lingkungannya. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian orang hanya terpaku pada merek dan harga semata saat memilih smartphone.

0 Response to "Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan saat Memilih Smartphone"

Post a Comment