Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Oatmeal memang dikenal sebagai salah satu pilihan menu sarapan pagi terutama bagi mereka yang sibuk karena mudah untuk dibuat. Oatmeal sendiri terbuat dari gandum utuh yang mengandung serat tinggi sehingga  tak hanya mengenyangkan tapi juga sangat menyehatkan. Selain itu oatmeal juga mengandung magnesium, protein, fosfor, dan vitamin B1 yang berperan penting dalam memproduksi energi loh.

Biasanya oatmeal dikonsumsi dengan menambahkan susu hangat atau potongan buah sehingga rasanya menjadi lebih nikmat. Nah sebelum mencoba mengkonsumsi oatmeal, yuk tengok dulu manfaat-manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari makanan satu ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sudah menjadi rahasia umum kalau oatmeal dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena oatmeal mengandung lignan, senyawa kimia yang dapat melindungi seseorang dari penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung. Seratnya yang tinggi juga membuat oatmeal dapat menncegah gangguan pada pembuluh darah pemicu serangan jantung.

Mengurangi Kolesterol

Jika memiliki masalah kolesterol tinggi, dapat mencoba mengkonsumsi oatmeal pada saat sarapan. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat (LDL) oleh tubuh.
manfaat oatmeal untuk kesehatan - mencegah penyakit jantung

Mencegah Diabetes

Kandungan magnesium yang terdapat pada oatmeal mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain itu oatmeal juga lama untuk dicerna sehingga juga mempengaruhi level gula darah. Agar rasa oatmeal lebih nikmat, dapat menambahkan susu rendah lemak.

Mengurangi Resiko Hipertensi

Tak hanya dapat meminimalisir timbulnya penyakit jantung, kandungan serat yang tinggi pada oatmeal ternyata juga dapat mengurangi resiko hipertensi atau darah tinggi. Buat yang memiliki masalah dengan hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi enam porsi oatmeal dalam satu minggu.
manfaat oatmeal untuk kesehatan - mengurangi resiko hipertensi

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut sebagai beta-gluten serat. Serat ini tak hanya mampu mencegah penyakit jantung tapi juga dapat menaikkan sistem imunitas tubuh. Beta-gluten serat akan membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

Mencegah Obesitas

Salah satu manfaat oatmeal adalah dapat menjaga berat badan kamu loh, Oatmeal yang kaya serat akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga dapat meminimalisir keinginan kamu untuk ngemil dan dapat mencegah kamu makan dalam porsi besar di siang hari. Jadi buat kamu yang sedang menjalani diet dapat mencoba mengkonsumsi makanan satu ini ya. :D
manfaat oatmeal untuk kesehatan - mencegah obesitas

Mencegah Kanker Payudara

Khasiat ajaib lainnya dari oatmeal adalah dapat mencegah kanker payudara. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi serat dalam jumlah yang tinggi, terutama serat dari gandum dapat menurunkan resiko kanker payudara loh. Serat tidak larut dalam gandum utuh mampu menyerang karsinogenik dan mengurangi kadar esterogen sehingga melindungi tubuh dari perkembangan kanker payudara.

Melancarkan Pencernaan

Buat yang punya masalah kesulitan buang air besar bisa nih mulai coba mengkonsumsi oatmeal saat sarapan. Kaya akan serat larut dan tak larut membuat oatmeal dapat melancarkan pencernaan dan mempercepat alur pelepasan dari usus besar.
manfaat oatmeal untuk kesehatan - melancarkan pencernaan

0 Response to "Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment