Superhero Asli Indonesia yang Terlupakan

Siapa yang suka nonton film superhero? Film bergenre action mengenai manusia yang memiliki kekuatan super memang seru untuk ditonton. Meskipun kekuatan yang dimiliki memang kadang tidak masuk akal tapi, justru disitu salah satu nilai plus dari film superhero ini. Bagi para penggemar film superhero tentu tidak asing lagi dengan tokoh superhero seperti Batman, Superman, Spiderman dan man man lainnya.

Tapi, perlu diketahui nih, bukan cuma tokoh superhero produk luar negeri aja lho yang eksis! Ternyata Indonesia juga punya tokoh superhero yang sudah eksis sejak tahun 70-an, saat masa jaya industri komik nasional. Mungkin beberapa dari ada yang masih ingat dengan superhero ini atau mungkin sama sekali ada yang belum tau kalau Indonesia juga punya superhero. Untuk mengatasi rasa kangen dan ingin tahu tentang tokoh superhero asli Indonesia ini yuk kita cari tahu langsung di bawah ini!

Aquanus

Tokoh superhero yang satu ini juga termasuk pelopor munculnya tokoh – tokoh superhero di Indonesia. Sama seperti Godam, tokoh Aquanus juga berasal dari komik karya Wid NS yang muncul di tahun 1968 dengan judul Aquanus di Planet Vibhy. Cerita superhero Aquanus ini berawal ketika terjadi penyerangan bangsa Burbur ke planet Zyba, putra angkat Raja Sving yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa namun, sayangnya roket tersebut jatuh ke lautan di planet bumi. Keluarga pemburu paus memelihara bayi tersebut yang diberi nama Dhanus. Karena bangsa Zyba merupakan bangsa yang dapat hidup di darat dan di air,  Dhanus pun dapat dengan mudah menyelam ke dasar laut. Sampai suatu ketika Dhanus bertemu dengan seseorang di dasar laut yang berasal dari planet Zyba dan memberinya sabuk sinar pelangi. Sabuk itu lah yang menjadi senjata Aquanus. Nama Aquanus sendiri diambil dari Aqua yang berarti air dan nus dari Dhanus.
superhero asli Indonesia
Sumber foto: News.olshops.org

Godam

Godam atau dijuluki sebagai manusia besi ini merupakan hasil karya Wid NS selanjutnya yang muncul di tahun 1969 lewat komiknya yang berjudul “Memburu Doktor Setan”. Godam aslinya merupakan seorang manusia biasa bernama Awang yang memiliki profesi tidak menentu dan tidak memiliki keahlian khusus, namun memiliki kepribadian luhur dan ini lah yang menjadi faktor utama dia dipercaya dan diberi sebuah cincin oleh seseorang yang dijuluki sebagai Bapak Kebenaran. Jika cincin tersebut ia kenakan akan membuat Awang berubah menjadi Godam dengan kekuatan saktinya. Kekuatan Godam antara lain bisa terbang dan kebal terhadap serangan senjata apapun. Musuh yang dihadapi Godam juga beragam, mulai dari alien, robot raksasa hingga makhluk mistis yang bernama “Roh Setan”.
superhero asli Indonesia
Sumber foto: Paragraphworld.deviantart.com

Gundala Putra Petir

Superhero satu ini juga termasuk tokoh komik yang cukup senior karena Komik Gundala Putra Petir ini juga dirilis pada tahun 1969. Kalau pernah mengikuti jalan cerita superhero yang satu ini pasti langsung teringat dengan karakter The Flash, superhero asal Amerika. Memang tidak dipungkiri bahwa pencipta Gundala Putra Petir sendiri memang terinspirasi dari The Flash, mulai dari desain karakter sampai jenis kekuatannya. Gundala sendiri merupakan seorang ilmuwan bernama Sancaka yang mendapatkan kekuatan dari raja petir bernama Kaisar Kronz. Sesuai dengan julukannya, Gundala memiliki kekuatan petir yang dapat keluar dari telapak tangannya, selain itu ia juga dapat berlari secepat angin. Sama seperti film superhero lainnya, Gundala Putra Petir juga terlibat love interest dengan seorang wanita bernama Minarti dan tak ketinggalan pertarungan melawan musuh bebuyutannya, Ghazul.
superhero asli Indonesia
Sumber foto: Pinterest

Sembrani

Satu lagi tokoh superhero karya Hasmi, yang muncul pertama kali di tahun 1974 dalam serial Gundala 1000 Pendekar. Sembrani memiliki nama asli Tangguh. Saat Tangguh berada di tepi kawah gas beracun di Dieng, terjadi sesuatu yang menarik Tangguh turun ke bawah kawah. Ternyata hal tersebut disebabkan adanya pesawat luar angkasa yang jatuh ke dalam kawah dan kehadirannya mampu menetralisir gas beracun. Lewat proyeksi 3 dimensi, seorang panglima perang yang telah lama mati dalam pertempuran di sistem bintang Ristuty menyampaikan pesan kepadanya dan memberi Tangguh sebuah kalung yang dapat mengubahnya menjadi seorang superhero bernama Sembrani dan memiliki kekuatan super untuk menetralisir medan magnet maupun medan listrik, menetralisir racun dan kemampuan untuk terbang.
superhero asli Indonesia
Sumber foto: Hai-online.com

Caroq

Caroq diciptakan oleh Ahmad Thoriq pada tahun 1992, superhero yang satu ini memang terasa nuansa Indonesianya lewat kostum dan senjata yang digunakan. Dalam ceritanya, Caroq merupakan seorang supir taksi yang mengalami sebuah peristiwa dan akhirnya membuatnya berubah menjadi pahlawan untuk menegakkan keadilan di jalanan. Jika disandingkan dengan superhero karya Marvel, Caroq hampir sama dengan Daredevil dan Punisher yang memiliki kekuatan utamanya yaitu, bela diri dan intelegensi yang tinggi. Caroq juga memiliki musuh bebuyutan yang tidak kalah tangguh, Si Tangan Empat dan Si Bengis.
superhero asli Indonesia
Sumber foto: Pinterest

Panji Manusia Millenium

Buat kamu yang lahir di era 90-an mungkin sempat menyaksikan serial aksi superhero yang satu ini. Panji Manusia Millenium merupakan salah satu tokoh superhero asli Indonesia yang digemari pada masanya. Superhero yang diperankan oleh aktor Primus Yustisio ini mendapatkan kekuatannya dari sebuah gelang super buatan seorang profesor. Dari gelang itu lah Panji berubah menjadi Manusia Millenium yang memberantas kejahatan dengan kekuatan yang dimilikinya. Kalau kamu masih ingat, Panji Manusia Millenium ini juga memiliki beberapa musuh seperti Donclo, Nina Bobo, Si Muka Rusak dan Dorris. Selain membasmi kejahatan, dalam serial ini Panji Manusia Millenium juga memiliki kisah cinta dengan seorang gadis bernama Nadya yang diperankan oleh Tia Ivanka.
superhero asli Indonesia
Sumber foto: Inilah.com

Saras 008

Ingat dengan sinetron Saras 008 yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta pada tahun 1998? Serial superhero wanita bertopeng lengkap dengan kostum hitam putih ini sempat menjadi favorit anak – anak jaman dulu lho! Saras 008 memiliki nama asli Saraswati yang memiliki kekuatan super dari kucing kesayangannya yang telah mati. Lewat kekuatan supernya itu, Saras mempunyai kekuatan bela diri dan mampu mengeluarkan sinar laser dari matanya. Saras juga memiliki beberapa musuh yang harus ia kalahkan seperti Mr. Blek, Bil dan Bul. Yang membuat sinetron Saras 008 semakin menarik ialah jalan ceritanya yang tidak membosankan dan terdapat kekonyolan yang tidak terduga, sehingga sinetron ini tidak terlalu monoton untuk ditonton.
superhero asli Indonesia
Sumber foto: Twitter

Zantoro

Zantoro merupakan pahlawan yang berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Adiknya yang bernama Mantoro tinggal bersama sang Ibu dan ia sendiri hidup bersama sang Ayah yang adalah seorang pedagang dan memiliki keahlian dalam membuat senjata tajam. Sama seperti Ayahnya, Zantoro juga berbakat dalam hal membuat senjata tajam dan juga ahli dalam menggunakannya. Zantoro amat sangat membenci tindak kejahatan, dengan jiwa pahlawan dan keahlian yang ia miliki, Zantoro tidak segan – segan untuk membasmi kejahatan yang terjadi. Bahkan, ia juga berhasil mengalahkan penjahat kelas teri dan kelas kakap sekalipun.
superhero asli Indonesia
Sumber foto: Forum.chip.co.id

Pangeran Mlaar

Tokoh pahlawan selanjutnya merupakan karya Hasmi. Pangeran Mlaar adalah anak putra mahkota planet Covox. Karena peristiwa ayah Mlaar yang dibunuh oleh komplotan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak, Mlaar dibawa lari oleh pamannya yang seorang ilmuwan jenius. Berkat rekayasa genetika yang dilakukan oleh sang paman, Mlaar memiliki kekuatan yang dapat membuat tubuhnya menjadi elastis sampai batas tertentu dan kekuatan yang dimilikinya tersebut menjadikannya sebagai salah satu superhero.
superhero asli Indonesia
Sumber foto: Duniaku.net

Volt

Kalau yang satu ini bisa dibilang superhero termuda di antara yang lain karena muncul pada tahun 2012. Volt mengisahkan tentang seorang anak bernama Ruben yang secara tidak sengaja membangkitkan kembali kekuatan putih yang bermanifestasi menjadi sosok jagoan sesuai imajinasi Ruben. Cerita superhero Volt sendiri diangkat dari sebuah komik karya Marcellino Lefrandt dan Aswin Siregar.
superhero asli Indonesia
Sumber foto: Ganlob.com

0 Response to "Superhero Asli Indonesia yang Terlupakan"

Post a Comment