Samsung Galaxy Tab S 8.4: Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan

Dunia tablet semakin berkembang dari waktu ke waktu. Awalnya, tablet hanya di dominasi oleh Apple dengan iPad yang tersohor itu. Tidak lama setelah iPad keluar, Samsung juga tidak mau kalah dengan meluncurkan Galaxy Tab. Hingga beberapa waktu lalu, Apple masih bisa bersenyum lebar karena iPad cenderung memenangkan pertarungan di dunia tablet dengan menguasai 60% pasar tablet dunia. Namun, peruntungan itu sepertinya sudah berputar.

Belajar dari pengalaman mengeluarkan beberapa produk tablet dan kurang dilirik pasar, Samsung tahun ini kembali meluncurkan sebuah produk baru. Samsung Galaxy Tab S adalah sebuah tablet yang memiliki desain premium dengan ukuran yang kompak. Tidak main-main, Samsung menggunakan layar Super AMOLED dengan reproduksi warna hingga 94% Adobe RGB yang memungkinkan penggunanya untuk menikmati berbagai konten baik gambar maupun video dengan warna yang alami.

Kali ini penulis kedatangan tamu dari keluarga Galaxy Tab S, yakni Samsung Galaxy Tab S 8.4. Tablet ini digadang-gadang sebagai penantang iPad mini 3. Memiliki segudang fitur yang berlimpah dengan desain mewah, bisakah tablet premium berbekal Android 4.4.2 KitKat ini melawan tablet populer Apple dengan iOS 8.1 yang sudah mendunia?
samsung galaxy tab s 8.4 - 1
Samsung Galaxy Tab S 8.4 mengadopsi layar 8.4 inchi dengan resolusi 1600 x 2560 WQXGA. Resolusi ini sedikit lebih tinggi dibandingkan iPad mini 3 yang memiliki resolusi 1536 x 2048. Di atas kertas, Galaxy Tab S 8.4 terlihat lebih unggul. Namun pada saat pemakaian sehari-hari, tidak terlihat perbedaan ketajaman layar diantara kedua tablet (penulis menggunakan iPad mini 2 yang memiliki layar yang sama dengan iPad mini 3). Hal ini dikarenakan mata manusia yang sulit untuk melihat resolusi setinggi itu di layar kecil. Mungkin perbedaan tersebut akan berbeda jika dilihat di layar besar seperti televisi ukuran 42 inch ke atas.
samsung galaxy tab s 8.4 - 2
samsung galaxy tab s 8.4 - 3
Rasio layar 16:9 yang diadopsi oleh Galaxy Tab terbaru ini membuatnya terlihat langsing dan panjang jika dibandingkan dengan iPad yang menggunakan rasio layar 4:3. Dengan rasio layar tersebut, Galaxy Tab anyar tersebut sangat cocok digunakan dalam posisi landscape. Mungkin terlihat kurang nyaman untuk membaca ebook atau browsing, namun sangat pas jika digunakan untuk menonton video ataupun bermain games. Apalagi layar Super AMOLED yang digunakannya begitu bening dan tajam. Tingkat kecerahan yang tinggi dengan rasio kontras yang besar membuatnya masih nyaman untuk dilihat meskipun berada di bawah sinar matahari.
Masuk ke dalam antarmuka, Samsung Galaxy Tab S 8.4 menggunakan antarmuka TouchWiz khas Samsung. Seperti antarmuka TouchWiz pada umumnya, Anda akan menemukan tampilan yang sama dengan antarmuka di perangkat Samsung lainnya. Hanya saja di dalam Galaxy Tab terbaru ini Anda akan menemukan Magazine UX, sebuah antarmuka ala majalah. Di dalam Magazine UX Anda dapat menemukan berbagai informasi, peristiwa, dan juga berita seperti yang Anda temukan pada HTC Sense.
samsung galaxy tab s 8.4 - 4
samsung galaxy tab s 8.4 - 5
Antarmuka TouchWiz yang tertanam di dalam Samsung Galaxy Tab S 8.4 cukup intuitif dengan berbagai macam fitur. Salah satunya adalah fitur adaptive display. Dengan fitur ini, warna dan tingkat kecerahan layar akan berubah secara otomatis tergantung konten yang sedang Anda buka. Misalkan Anda sedang browsing, layar akan menjadi lebih redup dengan warna yang kalem. Tapi ketika Anda sedang menonton video, secara otomatis layar akan menjadi lebih terang dengan warna yang lebih menonjol. Fitur lainnya yang dapat ditemukan adalah power saving mode. Dengan fitur ini Anda dapat menghemat penggunaan daya baterai, namun dengan sedikit pengorbanan performa tentunya.
samsung galaxy tab s 8.4 - 6
samsung galaxy tab s 8.4 - 7
Masuk ke dalam spesifikasi, Anda dapat melihat jika Samsung Galaxy Tab S 8.4 memiliki spesifikasi tinggi ala ponsel kelas atas masa kini. Tablet Korea tersebut menggunakan chipset Exynos 5 Octa 5420 dengan prosesor empat inti 1.9 GHz Cortex-A15 dan empat inti lainnya 1.3 GHz Cortex-A7. Dipasangkan dengan memory RAM sebesar 3 GB, Galaxy Tab anyar ini berjalan mulus selama pengoperasian antarmuka tanpa hambatan sedikitpun. Kecuali ketika mode power saving dinyalakan. Di bawah ini adalah beberapa hasil benchmark yang penulis jalankan.
samsung galaxy tab s 8.4 - 8 samsung galaxy tab s 8.4 - 9 samsung galaxy tab s 8.4 - 10
Melihat skor benchmark di atas, performa Samsung Galaxy Tab S 8.4 setara dengan ponsel kelas atas lainnya. Untuk tablet Android sendiri, Galaxy Tab terbaru ini termasuk yang paling kencang. Mungkin hanya dapat dikalahkan oleh tablet yang menggunakan chipset Tegra K1 seperti Xiaomi MiPad dan Nexus 9. Dengan performa seperti ini, bagaimanakah jika tablet Korea ini menjalankan games?
Ternyata Samsung Galaxy Tab S 8.4 dengan mudah melahap semua games yang penulis coba mainkan. Mulai dari Dead Trigger 2, FIFA 15 Ultimate Team, hingga Modern Combat 5 dilahap tanpa ada lag sedikitpun. Sepertinya perpaduan Exynos 5 Octa 5420 dengan GPU Mali-T628 MP6 yang ada di dalam Galaxy Tab anyar ini sangat pas untuk bermain games apa saja, termasuk games yang memiliki grafis yang memukau. Tidak hanya bermain games, melakukan pekerjaan seperti mengolah data ketikan, membuka email, serta membuat catatan pun dengan mudah dilakukan secara multitask. Perpindahan antar aplikasi berjalan mulus tanpa cela.
Anda juga dapat menikmati konten hiburan dengan tablet Korea ini. Penulis mencoba memutar beberapa lagu favorit, seperti Wind of Change – Scorpion dan Break Free – Zedd, suara yang keluar dari speakernya termasuk baik untuk ukuran tablet. Apalagi ketika mencolok eaphone Xiaomi Piston 2 milik penulis, suara vokalis Klaus Meine terdengar merdu dan alunan bass pada lagu anyar Zedd tersebut sangat menendang. Selain memutar lagu, penulis juga mencoba untuk memutar sebuah film seri favorit, The Big Bang Theory dalam format mkv ukuran FULL HD. Diputar dengan menggunakan MX Player, video tersebut berjalan mulus dengan subtitle-nya terlihat jelas tanpa ada jeda ataupun lag.
Kamera menjadi momok tersendiri ketika Anda menggunakan tablet. Secara umum, kamera di tablet memiliki kualitas ala kadarnya karena kamera tersebut hanya bersifat “pemanis” saja. Namun hal ini tidak relevan pada Samsung Galaxy Tab S 8.4. Tablet anyar tersebut memiliki kamera 8 megapiksel dengan hasil jepretan yang sangat mumpuni. Menurut pendapat penulis, hasil tangkapan kamera Galaxy Tab terbaru tersebut dapat disandingkan dengan kamera 8 megapiksel dari ponsel kelas menengah – atas, meskipun tidak sebaik iPhone. Anda dapat melihat beberapa tangkapan penulis di bawah ini.
Hasil foto indoor Samsung Galaxy Tab S 8.4.
Hasil foto indoor Samsung Galaxy Tab S 8.4.
Hasil foto indoor Samsung Galaxy Tab S 8.4.
Hasil foto indoor Samsung Galaxy Tab S 8.4.
Hasil foto indoor Galaxy Tab terbaru ini cukup baik. Warna terlihat natural dan tidak terlihat banyak noise. Walaupun dalam mode auto, terlihat ada perbedaan white balance jika penulis menggunakan dua objek sumber cahaya yang berbeda.
Hasil foto outdoor Samsung Galaxy Tab S 8.4.
Hasil foto outdoor Samsung Galaxy Tab S 8.4.
Hasil foto outdoor Samsung Galaxy Tab S 8.4.
Hasil foto outdoor Samsung Galaxy Tab S 8.4.
Hasil tangkapan outdoor tablet Korea ini bisa dibilang superior. Detail nampak tajam dengan warna yang cemerlang. Tidak terlihat ada noise yang mengganggu.

0 Response to "Samsung Galaxy Tab S 8.4: Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan"

Post a Comment