Xiaomi Mi 3: Spesifikasi, Harga dan Keunggulan

Setelah dunia persilatan gadget Indonesia heboh dengan hadirnya smartphone murah Xiaomi Mi 3 dan phablet murah Xiaomi Mi 3, kali ini Xiaomi kembali hadir menggebrak dengan pasar dengan hadirnya Xiaomi Mi3. Smartphone canggih berdesain unibody ini mulai Anda dapat temukan dengan mudah di pasar elektronik Indonesia.

Ketika baru pertama kali keluar, banyak orang mengatakan bahwa Xiaomi Mi 3 memiliki desain yang mirip dengan Nokia Lumia. Memang, sekilas Xiaomi Mi 3 ini terlihat serupa dengan Nokia Lumia 925. Namun tentu saja, secara spesifikasi dan sistem operasi keduanya sangatlah berbeda. Jika Nokia Lumia 925 menggunakan Windows Phone, Xiaomi Mi 3  menggunakan Android yang dibalut dengan antarmuka MIUI.

Menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 800, kamera 13 megapiksel, serta baterai 3050 mAh menjadi senjata utama Xiaomi Mi 3. Jika melihat spesifikasinya, mungkin terlihat tidak terlalu menarik dibandingkan dengan smartphone flagship saat ini. Namun jika melihat banderol harganya yang sekitar Rp 3.3 juta, Xiaomi Mi 3 menjadi momok yang menakutkan untuk para smartphone flagship lainnya yang mematok harga di atas Rp 4 juta. Lalu bagaimanakah performa flagship killer asal Tiongkok ini? Simak ulasannya berikut ini.
Spesifikasi
Spesifikasi Xiaomi Mi 3.
Xiaomi MI3
Jaringan
2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
SIM Mini-SIM
Diumumkan 2013, September
Status Available. Released 2013, December
Bodi
Dimensi 144 x 73.6 x 8.1 mm (5.67 x 2.90 x 0.32 in)
Berat 145 g (5.11 oz)
Layar
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 1080 x 1920 pixels, 5.0 inches (~441 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass 3
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Memori
Card slot No
Internal 16/64 GB, 2 GB RAM
Koneksi
GPRS Yes
EDGE Yes
Kecepatan DC-HSDPA, 42 Mbps; HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
NFC Yes
USB microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go
Kamera
Kamera Belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, HDR
Video 1080p@30fps, HDR
Kamera Depan 2 MP, 1080p@30fps
Fitur
OS Android OS, v4.3 (Jelly Bean), upgradable to v4.4.2 (KitKat)
Chipset Qualcomm MSM8274AB Snapdragon 800
CPU Quad-core 2.3 GHz Krait 400
GPU Adreno 330
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
Browser HTML5
Radio FM radio
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Java Yes, via Java MIDP emulator
Warna Various
Baterai
Non-removable Li-Ion 3050 mAh battery

Penampilan Fisik (9)
Sama dengan smartphone lainnya, Xiaomi Mi 3 mengadopsi tampilan candybar kotak. Pada bagian depan, Anda langsung melihat layar sebesar 5 inchi yang dikelilingi oleh bingkai berwarna hitam. Pada bagian atas bingkai Xiaomi Mi 3 terdapat sebuah kamera depan yang dapat mengambil gambar hingga 2 megapiksel dan merekam video resolusi 1080p dengan frame rate 30 fps. Di sebelah kamera depan terdapat sebuah speaker untuk telepon dan sebuah proximity sensor.
Tampak depan Xiaomi Mi 3.
Tampak depan Xiaomi Mi 3.
Pada bagian bawah layar Xiaomi Mi 3, Anda akan menemukan 3 buah tombol kapasitif yang terdiri dari tombol menu, home, dan back sama seperti Xiaomi Redmi 1s. Hanya saja pada Xiaomi Mi 3 sudah dilengkapi dengan lampu backlit sama seperti di Xiaomi Mi 3, sehingga Anda akan terbantu untuk melihat tombol ketika sedang berada di tempat yang gelap.
Tampak samping kanan Xiaomi Mi 3.
Tampak samping kanan Xiaomi Mi 3.
Di samping kanan Xiaomi Mi 3, Anda akan menemukan dua buah tombol. Tombol panjang sebelah kanan merupakan tombol untuk mengatur volume, sedangkan tombol kecil disebelahnya adalah tombol power untuk menyalakan atau mematikan handset.
Tampak sisi atas Xiaomi Mi 3.
Tampak sisi atas Xiaomi Mi 3.
Tampak sisi bawah Xiaomi Mi 3.
Tampak sisi bawah Xiaomi Mi 3.
Pada bagian atas Xiaomi Mi 3 terdapat sebuah port 3.5 mm yang dapat digunakan untuk menyolok headset maupun kabel aux. Di bagian atas ini Anda juga dapat menemukan sebuah slot kartu sim yang dapat dibuka dengan cara mencolok lubang kecil yang ada. Di bagian bawah, terdapat sebuah port USB 2.0 yang dapat digunakan untuk transfer data dan mengisi daya, serta ada sebuah speaker.
Tampak belakang Xiaomi Mi 3.
Tampak belakang Xiaomi Mi 3.
Pada bagian belakang Xiaomi Mi 3, Anda akan menemukan sebuah modul kamera yang memiliki resolusi 13 megapiksel yang dilengkapi dengan lampu kilat dual LED. Di bagian bawahnya, ada sebuah logo MI corak emboss. Back cover dari Xiaomi Mi 3 tidak dapat dibuka karena terbuat dengan model unibody. Back cover tersebut terbuat dari aluminium brushed, sehingga terlihat solid dan mewah.
Tampak depan Xiaomi Mi 3 vs Redmi Note.
Tampak depan Xiaomi Mi 3 vs Redmi Note.
Tampak sisi bawah Xiaomi Mi 3 vs Redmi Note.
Tampak sisi bawah Xiaomi Mi 3 vs Redmi Note.
Tampak samping Xiaomi Mi 3 vs Redmi Note.
Tampak samping Xiaomi Mi 3 vs Redmi Note.
Pada foto di atas, terlihat perbandingan ukuran Xiaomi Mi 3 dengan Xiaomi Redmi Note. Terlihat perbedaan yang cukup signifikan, di mana Xiaomi Mi 3 terlihat lebih ramping dibandingkan oleh Xiaomi Redmi Note yang memiliki ukuran lebih bongsor.
Layar dan Antarmuka (8.5)
Xiaomi Mi 3 menggunakan layar sebesar 5 inchi dengan panel IPS dan lampu backlit LED. Tampilan layar terasa tajam dan cerah, hal ini berkat penggunaan resolusi 1080 x 1920 FULL HD yang memiliki tingkat kerapatan piksel yang tinggi, yakni 441 ppi. Selain itu, layar Xiaomi Mi 3 sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 3 dari Corning, sehingga lebih tahan terhadap goresan. Namun penulis menyarankan Anda tetap menggunakan perlindungan screen guard tambahan seperti tempered glass.
Antarmuka homescreen MIUI v5.0.
Antarmuka homescreen MIUI v5.0.
Xiaomi Mi 3 menggunakan antarmuka MIUI v5.0 yang berbasis Android OS 4.3 Jelly Bean. Pada pemuktahiran terbaru, Xiaomi Mi 3 sudah menggunakan MIUI v5.0 yang berbasis Android OS 4.4 KitKat. Berbeda dengan tampilan Android pada umumnya, pada MIUI v5.0 Anda tidak akan menemukan app drawer, semua aplikasi diletakkan pada homescreen seperti layaknya iOS. Tampilan ini sama seperti yang Anda dapat temukan pada Xiaomi Mi 3.
Antarmuka menu aplikasi MIUI v5.0.
Antarmuka menu aplikasi MIUI v5.0.
Anda dapat menambahkan homescreen sebanyak yang Anda mau (biasa disebut dengan infinity homescreen). Pada Xiaomi Mi 3, Anda juga bisa menggunakan berbagai macam widget yang tersedia.
Tampilan layar pengaturan cepat pada MIUI v5.0.
Tampilan layar pengaturan cepat pada MIUI v5.0.
Tampilan layar notifikasi pada MIUI v5.0.
Tampilan layar notifikasi pada MIUI v5.0.
Anda dapat menemukan layar notifikasi dan shortcut ke sejumlah fungsi dengan menggeser bagian atas homescreen ke bawah. Selain itu, Anda juga bisa menemukan slider yang berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar Xiaomi Mi 3 serta tombol untuk menuju ke menu pengaturan utama.
Tampilan toko tema pada MIUI v5.0.
Tampilan toko tema pada MIUI v5.0.
MIUI memiliki sebuah toko tema yang berisikan berbagai macam tema yang dibuat oleh para komunitas pengguna Xiaomi di seluruh dunia. Hal ini juga dapat ditemukan di Xiaomi Mi 3. Anda dapat menemukan banyak tema yang terdiri dari berbagai kategori. Tidak hanya itu, di menu tema tersebut Anda juga dapat memodifikasi tampilan lock screen, icon, homescreen, ringtone, font, serta berbagai tampilan lainnya. Inilah yang menjadi nilai plus untuk MIUI, di mana penggunanya diberikan kebebasan dengan mudah untuk mengganti berbagai aspek tampilan.
Aplikasi Security pada MIUI v5.0.
Aplikasi Security pada MIUI v5.0.
Aplikasi pemutar musik pada MIUI v5.0.
Aplikasi pemutar musik pada MIUI v5.0.
Fitur lain yang Anda dapat temukan di Xiaomi Mi 3 adalah aplikasi Security. Di dalam aplikasi ini, terdapat beberapa macam fungsi, seperti Cleaner yang berguna untuk membersihkan file sampah, Data Usage untuk mengontrol penggunaan koneksi data, Blocklist untuk memblokir nomor yang Anda tidak inginkan, Power untuk mengatur penggunaan daya, Virus Scan untuk melakukan pemindaian virus pada Xiaomi Mi 3, serta Permission yang mengatur segala izin aplikasi, termasuk izin untuk root.
Performa dan Benchmark (9)
Xiaomi Mi3 menggunakan chipset Qualcomm MSM8274AB Snapdragon 800 dengan prosesor quad-core 2.3 GHz Krait 400 dan GPU Adreno 330. Chipset ini sama dengan yang digunakan oleh smartphone (mantan) flagship seperti LG G2 atau Lenovo Vibe Z.
Skor Antutu Benchmark v5 pada Xiaomi Mi 3.
Skor Antutu Benchmark v5 pada Xiaomi Mi 3.
Ranking Antutu Benchmark v5 pada Xiaomi Mi 3.
Ranking Antutu Benchmark v5 pada Xiaomi Mi 3.
Skor Quadrant pada Xiaomi  Mi 3.
Skor Quadrant pada Xiaomi Mi 3.
Xiaomi Mi 3 berhasil mendapatkan skor sebesar 43190 pada Antutu Benchmark v5 dan 21615 pada Quadrant, hal ini menunjukkan kemampuannya dapat bersaing, bahkan sejajar dengan smartphone flagship masa kini yang sudah menggunakan chipset Snapdragon 801, seperti Samsung Galaxy S5 atau LG G3. Prosesor quad-core yang terdapat pada Xiaomi Mi 3 disandingkan dengan memory RAM sebesar 2 GB. Anda tidak akan menemukan hambatan ketika membuka beberapa aplikasi sekaligus. Bermain game pun terasa ringan, hal ini berkat penggunaan GPU Adreno 330 yang powerful.  Sebagai perbandingan, di bawah ini penulis sertakan juga hasil Antutu Benchmark V5 milik LG G2.
Skor Antutu Benchmark v5 pada LG G2.
Skor Antutu Benchmark v5 pada LG G2.
Kamera (9)
Xiaomi Mi 3 memiliki kamera utama 13 megapiksel yang dilengkapi dengan autofokus dan lampu kilat dual LED. Anda dapat melihat hasil fotonya di bawah ini.
Hasil foto outdoor kamera utama Xiaomi Mi 3.
Hasil foto outdoor kamera utama Xiaomi Mi 3.
Hasil foto outdoor kamera utama Xiaomi Mi 3.
Hasil jepretan kamera utama Xiaomi Mi 3 dalam kondisi outdoor terlihat bagus. Detail warna terlihat jelas dan akurat. Hampir terlihat tidak ada noise dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 1s dan Xiaomi Redmi Note.
Hasil foto indoor kamera utama Xiaomi Mi 3.
Hasil foto indoor kamera utama Xiaomi Mi 3.
Hasil foto indoor kamera utama Xiaomi Mi 3.
Hasil foto indoor kamera utama Xiaomi Mi 3.
Pada kondisi indoor, kamera utama Xiaomi Mi 3 termasuk sangat baik. Objek benda terlihat jelas dan warna cukup akurat. Namun penulis menemukan satu kekurangan yang sama dengan yang ada di Xiaomi Redmi Note. Kamera utama Xiaomi Mi 3 agak sulit untuk menangkap fokus dari objek yang ingin di foto. Fitur autofokus yang tersedia seringkali tidak berjalan dengan optimal. Hal ini cukup mengganggu ketika Anda ingin menangkap objek yang membutuhkan waktu yang cepat. Semoga saja pada updatefirmware berikutnya Xiaomi bisa memperbaiki hal tersebut.
Hasil foto indoor kondisi gelap kamera utama Xiaomi Mi 3.
Hasil foto indoor kondisi gelap dengan lampu kilat kamera utama Xiaomi Mi 3.
Pada kondisi indoor yang gelap, kamera utama Xiaomi Mi 3 hampir tidak dapat menangkap objek apapun. Namun jika menggunakan lampu kilat, terlihat jelas dan cukup terang.
Hasil foto kamera depan Xiaomi Mi 3.
Untuk kamera depan, Xiaomi Mi 3 menghasilkan gambar yang cukup jernih. Sudah memadai untuk Anda penggila selfie. Namun semua tergantung dari pencahayaan tempat di mana Anda selfie.
Secara keseluruhan, kamera utama maupun depan dari Xiaomi Mi 3 dapat menghasilkan gambar yang jernih dan tajam sama seperti dengan smartphone flagship merk lainnya.
Daya Tahan Baterai (8.5)
Xiaomi Mi 3 memiliki ketahanan baterai yang sangat baik. Dengan pemakaian aktif di social media sebesar 60 %, bermain game sebesar 20%, serta waktu standby sebesar 20%, baterai Li-Ion 3050 mAh yang digunakan Xiaomi Mi 3 dapat bertahan hingga 12 jam. Lebih hemat bukan dibandingkan dengan smartphone flagship lainnya? Tentu saja daya tahan tersebut bisa berbeda-beda tergantung bagaimana Anda menggunakannya.
Kesimpulan
Lagi-lagi produk dari Xiaomi pantas untuk menyandang gelar best price-performance. Bagaimana tidak? Dengan uang tebusan sekitar Rp 3 jutaan saja Anda sudah mendapatkan sebuah smartphone dengan kualitas sangat baik dengan performa yang sangat tinggi. Anda baru dapat menemukan smartphone yang setara dengan Xiaomi Mi 3 di rentang harga Rp 5 juta ke atas jika mencari merk lainnya. Dengan Xiaomi Mi 3, Tiongkok pun menjawab keraguan para konsumen bahwa produk Tiongkok tidak “selalu murahan dan berkualitas rendah”, namun bisa juga “berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau”.
Keunggulan:
  • Spesifikasi yang tinggi untuk rentang harga yang sangat terjangkau.
  • Kamera utama dan depan memiliki hasil jepretan yang maksimal.
  • Antarmuka MIUI yang cantik dan gegas.
  • Dukungan update firmware yang cepat setiap bulannya.
  • Back cover aluminium yang terlihat solid dan mewah.
Kekurangan:
  • Baterai yang tidak dapat dicopot.
  • Fitur autofokus yang berjalan kurang maksimal.
  • Tidak adanya slot microSD.
Skor akhir: 8.5

0 Response to "Xiaomi Mi 3: Spesifikasi, Harga dan Keunggulan"

Post a Comment