Tempat yang Berbahaya untuk Smartphone Kamu

Dimana sih biasanya kamu meletakkan smartphone kesayangan kamu? Pastinya kamu ga bisa jauh – jauh dong dari benda yang satu ini? Rasanya kalau bisa ponsel tersebut selalu nempel di tangan kamu. Tapi, tentu ada saat – saat dimana kamu harus sejenak meninggalkan handphone kamu saat melakukan sesuatu. 

Perlu diketahui nih, ternyata ponsel itu ga boleh diletakkan di sembarang tempat lho! Karena ada beberapa ‘tempat terlarang’ yang bisa membahayakan handphone kita. Kira – kira tempat apa saja ya yang berbahaya untuk ponsel kita? Yuk kita lihat jawabannya di bawah ini.

Saku Celana

Yang satu ini merupakan kebiasaan yang sering dilakukan, terutama buat para kaum pria. Menyimpan ponsel di dalam saku celana memang praktis, kita jadi lebih mudah untuk mengambil ponsel dan menyimpannya kembali. Tapi, sebaiknya kamu mulai menjauhi kebiasaan tersebut deh  karena paparan medan elektrostatik dan elektromagnetik dari ponsel kamu dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan. Untuk itu lebih baik hindari kebiasaan menyimpan ponsel di dalam saku celana kamu ya !
tempat berbahaya untuk handphone
Sumber foto: Temafm.ru  

Di bawah atau di dekat bantal

Pasti banyak nih yang sering melakukan hal yang satu ini. Ketiduran sambil main handphone memang sudah jadi kebiasaan sih tapi, ternyata tanpa disadari kebiasaan ini juga berakibat buruk untuk kesehatan kita. Radiasi yang dihasilkan dari smartphone memiliki efek negatif untuk tubuh, terutama otak kamu. Karena di saat kamu sedang tertidur, otak juga ikut beristirahat. Namun, radiasi dari ponsel kamu akan mengganggu dan memberi efek buruk pada otak, misalnya seperti kanker otak.
tempat berbahaya untuk handphone
Sumber foto: Jalantikus.com

Dekat gas atau suhu panas

Pasti kamu sering melihat pemberitahuan di pom bensin bahwa untuk tidak memainkan ponsel di sekitar area pom bensin. Hal ini bukan berarti ponsel kamu bisa terbakar jika diletakkan di dekat gas yang mudah terbakar. Tapi, gas dan suhu panas yang dihasilkan dari benda tersebut bisa mengganggu penerimaan sinyal ponsel kamu. Hal ini yang menyebabkan ponsel kamu tidak bisa berfungsi dengan baik.
tempat berbahaya untuk handphonetempat berbahaya untuk handphone
Sumber foto: Baomoi.com

Dekat barang elektronik

Untuk yang satu ini, mungkin kamu pernah mendengar bahwa sebaiknya gadget dijauhkan dari barang – barang elektronik. Hal tersebut memang benar adanya, karena barang elektronik seperti televisi, radio, kulkas dan lainnya memiliki medan magnet yang tinggi dan menangkap sinyal yang serupa dengan smartphone kamu. Selain itu, perangkat dengan daya listrik tinggi dapat merusak sirkuit ponsel kamu.
tempat berbahaya untuk handphone
Sumber foto: Environment.nationalgeographic.com

Dekat kunci mobil atau motor

Jangan salah, ternyata meletakkan ponsel dekat dengan kunci mobil atau motor juga dapat memberi efek buruk untuk smartphone kamu. Apalagi jika kamu menyimpan kunci mobil atau motor dan ponsel dalam satu tempat misalnya dalam saku celana, karena hal tersebut dapat mengakibatkan radiasi yang semakin besar dan kuat. Selain itu, jika HP diletakkan terlalu dekat dengan kunci mobil atau motor dapat menghapus kode elektronik pada kunci tersebut.
tempat berbahaya untuk handphone
Sumber foto: Phonearena.com

Dekat komputer

Nah, yang satu ini juga biasanya sering dilakukan nih. Terutama buat kamu yang sering berada di depan komputer, hampir pasti di sebelah komputer kamu terdapat handphone di sana. Padahal komputer dan handphone tidak boleh saling berdekatan karena kedua barang tersebut sama – sama memancarkan gelombang elektromagnetik yang jika didekatkan maka akan saling merusak satu sama lain. Kamu tentu bakal mati kutu dong kalau kedua barang tersebut rusak? Untuk itu sebaiknya mulai jangan dekatkan kedua benda tersebut ya.
tempat berbahaya untuk handphone
Sumber foto: Espaijuridic.com 

Tempat bersuhu tinggi

Tempat dengan suhu tinggi ditambah tingkat kelembapan yang tinggi dan berdebu merupakan musuh utama ponsel kamu. Jika kamu tanpa sengaja sering memaparkan handphone kamu dekat dengan sinar matahari langsung, sebaiknya diperhatikan lagi deh. Karena suhu tinggi tersebut dapat merusak sirkuit elektronik yang terdapat dalam komponen ponsel kamu.
tempat berbahaya untuk handphone
Sumber foto: Gohappy.com

0 Response to "Tempat yang Berbahaya untuk Smartphone Kamu"

Post a Comment