Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya

Rasa perih di dalam mulut akibat sariawan memang amat sangat mengganggu. Gimana gak? Semua aktivitas yang kita lakukan seperti makan, minum bahkan berbicara sekalipun pasti merasa tidak nyaman akibat sariawan ini. Apalagi jika sariawan yang muncul tidak hanya satu tapi beberapa. Waduh.. Mau buka mulut saja rasa perih yang tidak tertahankan langsung menyerang.

Biasanya kemunculan sariawan ini memang tiba – tiba atau karena disebabkan beberapa hal yang tanpa kita sadari dilakukan dan menyebabkan luka di dalam mulut yang akhirnya berujung dengan sariawan. Nah, di sini akan ungkap beberapa penyebab timbulnya sariawan plus cara mengatasinya. Buat kamu yang mungkin sedang mengalami sariawan atau kamu yang ingin mencegah munculnya sariawan wajib disimak ya .

Menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi memang bertujuan untuk membersihkan gigi. Tapi, sebenarnya gak perlu menyikat gigi terlalu keras. Justru menyikat gigi terlalu keras menjadi salah satu penyebab munculnya sariawan. Karena dorongan sikat gigi yang terlalu keras dan kurang berhati – hati akan membentur bagian di dalam mulut seperti gusi dan akhirnya melukai gusi tersebut. Untuk itu pilih lah sikat gigi yang lembut dan lebih berhati – hati saat menyikat gigi.
penyebab dan cara mengatasi sariawan
Sumber foto: Ilyo.co.kr

Stress

Sariawan kamu muncul tiba – tiba? Mungkin stress menjadi penyebabnya. Meskipun tidak ada hubungan antara beban pikiran dan kesehatan mulut. Tapi, perlu kamu ketahui kalau efek stress untuk semua orang berbeda – beda. Nah, salah satu efek yang diakibatkan karena stress salah satunya adalah sariawan. Maka dari itu, saat kamu mulai mengalami stress dan beban pikiran yang menumpuk lebih baik sempatkan diri untuk berlibur sejenak.
penyebab dan cara mengatasi sariawan
Sumber foto: Locari.jp

Panas dalam

Kalau kamu tidak menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh dan sering makan sembarangan seperti makanan berminyak dan tidak diimbangi dengan sayur dan buah, akan memicu timbulnya panas dalam. Panas dalam tidak hanya membuat tenggorokan sakit saja tapi, juga menjadi salah satu penyebab munculnya sariawan. Buat kamu yang sering menyantap gorengan, makanan pedas dan makanan yang kurang sehat lainnya, lebih baik mulai perbanyak asupan sayur dan buah serta jangan lupa untuk rajin mengkonsumsi air putih untuk mencegah panas dalam yang berakhir sariawan.
penyebab dan cara mengatasi sariawan
Sumber foto: Perawatankulitmu.com

Luka saat makan

Mungkin penyebab yang satu ini pernah kamu alami. Hal ini terjadi saat kamu sedang mengunyah makanan dan tanpa disengaja bagian dalam mulut kamu tergigit yang akhirnya menyebabkan luka. Luka itu lah yang menjadi penyebab timbulnya sariawan di dalam mulut kamu. Lebih baik kamu tidak perlu terburu – buru ketika sedang mengunyah makanan jika tidak mau hal tersebut terjadi.
penyebab dan cara mengatasi sariawan
Sumber foto: Thedentalcheck.com

Kondisi tubuh tidak sehat

Kondisi tubuh kamu sedang dalam keadaan tidak fit juga bisa menjadi salah satu indikasi penyebab sariawan lho! Untuk itu penting banget nih buat kamu selalu menjaga kondisi tubuh agar selalu dalam kondisi yang fit. Tidak perlu dengan cara yang rumit kok . Kamu hanya perlu mengikuti gaya hidup sehat mulai dari olahraga sampai mengkonsumsi makanan yang seimbang dan kaya vitamin dan gizi.
penyebab dan cara mengatasi sariawan
Sumber foto: Pixshark.com

Cara Mengatasinya

Kumur air garam

Pastinya kamu sudah tahu dong kalau salah satu cara untuk membasmi sariawan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara tersebut memang terbukti ampuh untuk meredakan sariawan di dalam mulut. Kamu hanya perlu membuat larutan air dan garam. Kemudian gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur hingga beberapa saat. Karena air garam efektif untuk membasmi kuman penyebab sariawan.
penyebab dan cara mengatasi sariawan
Sumber foto: Searchhomeremedy.com

Es batu

Cara lain yang gak kalah mudah untuk mengatasi sariawan yakni dengan menggunakan es batu. Kamu bisa menghisap es batu atau meletakkan es batu tersebut di bagian sariawan, lakukan cara ini secara rutin selama beberapa hari. Es batu tersebut mampu meredakan pembengkakan dan rasa sakit pada sariawan.
penyebab dan cara mengatasi sariawan
Sumber foto: Serenitysecurity.co.uk

Yoghurt

Jika sariawan datang menyerang, konsumsi saja yoghurt. Karena yoghurt sangat baik untuk mengontrol keseimbangan bakteri dalam mulut dan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi yoghurt juga bisa meningkatkan penyembuhan jadi lebih cepat dan mencegah timbulnya luka pada sariawan.
penyebab dan cara mengatasi sariawan
Sumber foto: Bbc.co.uk

Tomat

Vitamin C berperan penting dalam menyembuhkan sariawan dan vitamin C tidak hanya terkandung dalam buah jeruk saja. Tomat juga merupakan salah satu yang kaya akan vitamin C lho! Kamu bisa mengkonsumsi tomat di jus atau mentah sekalipun sebagai penyembuh sariawan yang kamu alami.
penyebab dan cara mengatasi sariawan
Sumber foto: Elsarhnews.com

Madu

Gak bisa dipungkiri kalau madu kaya akan manfaat untuk tubuh kita. Termasuk dalam mengatasi masalah kesehatan mulut. Sariawan yang disebabkan oleh bakteri dapat dibasmi dengan mengkonsumsi madu yang memiliki kandungan propolis sebagai salah satu kandungan penting yang berfungsi sebagai zat anti bakteri tidak hanya itu, madu juga berfungsi sebagai anti radang dan anti infeksi yang bersifat sebagai penyembuh luka. Sehingga cocok buat kamu yang sedang mengalami sariawan.

0 Response to "Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment