Dampak Buruk Jika Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC

Berada di dalam ruangan ber-AC tentunya lebih nyaman dan membuat kita lebih betah daripada harus berada di luar ruangan yang panas. Tapi tahukah Toppers? Ternyata terlalu sering tinggal di ruangan ber-AC bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kamu loh. Berikut setidaknya 7 dampak buruk jika kamu terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

1. Menurunkan sistem kekebalan tubuh

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa berada di ruang terbukan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena sel-sel darah putih yang berfungsi sebagai melawan bakteri membutuhkan oksigen yang cukup untuk bisa bekerja secara efektif. Sebaliknya, jika lebih sering berada di ruangan ber-AC, tubuh pun akan kekurangan oksigen sehingga sel-sel darah putih tidak bisa bekerja maksimal dalam memerangi bakteri dan virus. Menurunnya sistem kekebalan tubuh ini tentunya akan membuat tubuh kamu lebih mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.
dampak buruk terlalu lama berada di ruangan ber-AC - menurunnya sistem kekebalan tubuh

2. Infeksi pernapasan

Seperti yang diketahui, untuk melindungi tubuh dari bakteri dan kuman yang masuk melalui pernapasan, organ-organ pernapasan seperti hidung dan mulut membutuhkan kelembaban dari selaput lendir. Jika terlalu sering berada di ruangan ber-AC, selaput lendir yang ada pada hidung pun akan mengering sehingga menurunkan kemampuan hidung dalam menyaring bakteri yang masuk ke tubuh. Selain itu, sirkulasi udara dalam ruangan ber-AC cenderung tidak lancar sehingga kuman ataupun bakteri akan terperangkap di udara dan kemudian masuk ke tubuh melalui pernapasan.
dampak buruk terlalu lama berada di ruangan ber-AC - gangguan pernapasan

3. Merusak kulit

Kulit kamu kering dan tidak sehat? Hal itu bisa jadi karena kamu sering berada di ruangan ber-AC. Kulit yang terpapar langsung udara dingin dari AC dalam waktu lama memang bisa menjadi kering dan kehilangan elastisitasnya karena AC dapat merampas kelembaban kulit dan selaput lendir pada kulit. Untuk menyiasatinya, Toppers bisa menggunakan pelembab kulit yang tinggi akan kandungan moisturizer seperti Body Butter Bali yang berfungsi untuk senantiasa menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Tidak hanya melembabkan, Body Butter Bali dengan tekstur yang mirip seperti mentega ini juga akan membulat kulit kamu jadi lebih halus dan harum sepanjang hari.
Agar kulit tidak terkena paparan udara dingin dari AC secara langsung, Toppers juga bisa menggunakan pakaian lengan panjang untuk melindungi semua bagian kulit.
dampak buruk terlalu lama berada di ruangan ber-AC - kulit jadi kering

4. Mata kering

Selain merusak kulit, udara dingin yang keluar dari AC juga dapat menyebabkan mata menjadi kering. Mata yang kering ini lama kelamaan dapat berkembang menjadi masalah lain yang lebih serius seperti konjungtivitis atau peradangan pada selaput mata dan blepharitis yang lebih dikenal sebagai peradangan pada kelopak mata. Untuk mencegah terjadinya peradangan yang serius, Toppers bisa menggunakan cairan tetes mata untuk tetap menjaga kelembaban mata, terutama bagi Toppers yang menggunakan lensa kontak.
dampak buruk terlalu lama berada di ruangan ber-AC - mata jadi kering

 5. Mudah lelah

Toppers sering merasa kelelahan? Mungkin saja penyebabnya karena kamu terlalu sering berada di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama. Sebuah penelitian juga membuktikan, orang yang lebih sering terkena udara dari AC cenderung lebih mudah merasa lelah dan mengalami sakit kepala daripada mereka yang lebih sering berada di ruang terbuka yang cenderung lebih banyak mendapatkan oksigen.
dampak buruk terlalu lama berada di ruangan ber-AC - mudah lelah dan sakit kepala

6. Memicu ketidakseimbangan hormon

Selain mengeluarkan udara dingin yang dapat mengeringkan kulit, AC juga dapat memproduksi bahan kimia phthalates yang membuat hormon-hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang, salah satunya hormon reproduksi. Alhasil, orang yag sering terpapar udara AC cenderung beresiko lebih tinggi mengalami gangguan reproduksi. Ibu hamil juga sangat tidak dianjurkan untuk terlaluu sering berada di ruangan ber-AC karena dapat meningkatkan resiko gangguan kehamilan.
dampak buruk terlalu lama berada di ruangan ber-AC - hormon jadi tidak seimbang

7. Tubuh kesulitan menyesuaikan diri dengan suhu panas

Setiap hari berada di ruangan ber-AC akan membuat tubuh sulit untuk beradaptasi dengan suhu yang panas. Saat berada di luar ruangan dengan udara yang panas, kamu pun akan lebih mudah berkeringatan secara berlebihan, bahkan pada beberapa kasus, hal ini dapat berakibat pada kematian lantaran tubuh tidak bisa melakukan penyesuaian dari suhu dingin ke suhu panas.
dampak buruk terlalu lama berada di ruangan ber-AC - tidak bisa bertahan di suhu panas
Untuk meminimalisir dampak buruk akibat terlalu lama di ruangan ber-AC seperti di atas, sebaiknya Toppers mengurangi intensitas kamu terkena paparan AC secara langsung. Selain itu, jangan lupa pula untuk mengkonsumsi banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

0 Response to "Dampak Buruk Jika Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC"

Post a Comment