Bunda, Ini yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menyambut Kelahiran Bayi

Mendekati hari kelahiran memang momen yang sangat menegangkan sekaligus paling ditunggu – tunggu. Siapa sih yang ga menantikan kelahiran buah hati kesayangan yang sudah dikandung selama 9 bulan? Pasti kelahiran si kecil tersebut jadi momen yang tidak akan terlupakan deh. Menjelang kelahiran, sebagai orang tua pastinya sibuk mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari persiapan fisik dan mental yang sehat serta prima demi kelancaran proses kelahiran dan yang ga boleh dilewatkan, yaitu persiapan perlengkapan untuk menyambut kelahiran si kecil.

Perlengkapan bayi memang seharusnya dipersiapkan dari jauh – jauh hari agar menjelang hari H sudah lengkap dan semakin siap. Nah, saat hunting perlengkapan bayi ini pasti kita bingung mana barang yang harus dibeli terlebih dahulu atau mana yang lebih penting. Ga perlu bingung kok! Tenang aja Toppers, karena berikut ini Toped akan berikan beberapa perlengkapan yang diperlukan untuk menyambut kelahiran bayi.

Popok

yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi
Sumber foto: Naturalmommie.com
Benda yang satu ini adalah hal yang paling penting dibawa saat kelahiran bayi. Sebaiknya, kamu menyetok popok dalam jumlah yang banyak. Kamu bisa menggunakan popok kain atau popok sekali pakai. Jika kamu memilih popok kain, sebaiknya kamu persiapkan juga nappy liner atau kertas khusus yang diletakkan di dalam popok untuk menampung pipis atau kotoran bayi. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan petroleum jelly atau salep untuk mencegah kulit bayi terkena iritasi.

Gendongan Bayi

yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi
Sumber foto: Health.liputan6.com
Sekarang ini sudah banyak jenis model gendongan bayi yang bisa kamu pilih. Mulai dari gendongan jaman dulu yang terbuat dari kain atau gendongan masa kini seperti baby wrap. Apapun jenis gendongan yang dipilih, pastikan agar gendongan tersebut membuat si bayi merasa nyaman. Gendongan bayi ini akan memudahkan kamu saat sedang menggendong si bayi keluar dari rumah sakit.

Pakaian Bayi

yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi
Sumber foto: Pinterest
Baju dan celana bayi merupakan perlengkapan yang juga perlu kamu perhatikan. Setidaknya, kita harus mempersiapkan selusin baju yang terdiri dari lengan panjang dan lengan pendek. Karena kedua model baju tersebut sangat dibutuhkan untuk cuaca dingin ataupun panas. Pastikan kamu memilih bahan baju yang lembut serta menyerap keringat seperti katun dan hindari memilih bahan nylon dan polyester karena keduanya tidak dapat menyerap keringat.

Kain Bedong

yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi
Sumber foto: Seedlings.com
Selain pakaian, sebaiknya persiapkan juga kain bedong yang dapat digunakan untuk membungkus tubuh bayi ketika sedang tertidur. Karena dengan menggunakan kain bedong, si bayi akan merasa lebih nyaman. Selain itu, kain bedong juga bisa dipakai sebagai selimut untuk si bayi. Untuk kain bedong sendiri, setidaknya kamu harus mempersiapkan sekitar 2 lusin. Karena, jika si kecil mengompol dan kamu menggunakan popok bayi yang terbuat dari kain. Otomatis, kain bedong juga ikut basah dan membuat si kecil jadi tidak nyaman.

Stroller

yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi
Sumber foto: Pinterest
Untuk lebih mudah membawa si kecil bepergian, kamu juga bisa memilih stroller atau kereta bayi sehingga kamu tidak kesulitan untuk menggendong si kecil dan lebih nyaman saat berjalan – jalan dengan bayi. Kereta bayi ini efektif untuk digunakan para orang tua agar tidak cepat lelah karena harus menggendong bayi. Selain itu, jika si bayi mengantuk, ia akan tertidur pulas di bantalan stroller tersebut.

Perlengkapan Mandi

yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi
Sumber foto: Babyshowerfun.wordpress.com
Sudah pasti perlengkapan mandi si baby berbeda dengan perlengkapan mandi orang dewasa. Untuk itu, kita juga harus mempersiapkan perlengkapan mandi khusus bayi yang pastinya aman. Persiapkan segala sesuatunya mulai dari bak mandi bayi yang dilapisi karet pada bagian dalam, sabun lembut, shampo khusus bayi, washlap untuk mengusap badan bayi, minyak telon, bedak bayi dan handuk bayi. Pastikan barang – barang tersebut ada di dalam daftar belanjaan kamu ya.

Perlengkapan Menyusui

yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi
Sumber foto: Bistip.com
ASI merupakan makanan utama bagi bayi yang baru lahir. Jadi, perlengkapan menyusui tidak ada salahnya untuk dipersiapkan menjelang kelahiran si kecil. Perlengkapan tersebut antara lain pompa ASI, gelas atau botol untuk si kecil minum ASI, nursing cover, botol penyimpanan ASI, penghangat ASI dan lain – lain.

Car Seat

yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi
Sumber foto: Mommyish.com
Car Seat sangat dibutuhkan saat membawa bayi pulang dari rumah sakit. Car Seat dinilai aman dan mengurangi resiko saat terjadi kecelakaan. Untuk membawa buah hati yang baru lahir pulang ke rumah, kamu bisa memilih car seat khusus untuk bayi yang baru lahir hingga beberapa bulan yang disebut infant-capsule. Pilih lah car seat yang berbahan plastik yang ringan sehingga mudah dibawa kemana – mana.

0 Response to "Bunda, Ini yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menyambut Kelahiran Bayi"

Post a Comment